Dosen Matematika UIN Suska Riau Dr. Rado Yendra, M.Si Dianugerahi Piagam Penghargaan MURI

math.uin-suska.ac.id – Senin 18 Oktober 2021 merupakan hari yang sangat bersejarah bagi salah satu Dosen Progaram Studi Matematika di lingkungan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, beliau adalah Dr. Rado Yendra, S.Si, M.Sc dianugrahkan Piagam Penghargaan Rekor MURI atas inovasi yang dilakukan dalam memaksimalkan peranan website untuk melakukan kegiatan tridharma perguruan tinggi. Piagam Rekor MURI dengan nomor 10056/R.MURI/X/2021 dengan judul rekor “Dosen yang Memiliki Situs Web dengan Video Kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi Terbanyak” merupakan bukti nyata bahwa Perguruan Tinggi dilingkungan Kementrian Agama siap untuk menyambut perkuliahan dengan sistem digital.

Seiring dengan upaya Rektor UIN Suska Riau untuk menjadikan UIN sebagai institusi perguruan tinggi yang Gemilang dan Terbilang, piagam Rekor MURI yang baru pertama diraih oleh UIN Suska Riau ini dapat dijadikan sebagai momen bagi unit yang ada di UIN untuk mulai melakukan kegiatan2 ekstrim yang dapat mengangkat nama UIN menjadi Gemilang dan Terbilang.

Kegiatan ekstrim yang dimaksudkan adalah kegiatan yang hanya dapat dilakukan oleh sedikit orang dalam bidang akademik. Mendatangkan Piagam Rekor MURI, melakukan publikasi internasional berindeks scopus, dan memproduksi hasil karya teknologi merupakan sebagian kecil kegiatan-kegiatan ekstrem yang dimaksud.

Latar belakang dalam kegiatan untuk memperoleh piagam Rekor Muri

Penyebaran virus covid 19 yang melanda hampir seluruh bagian dunia ini telah meyebabkan berbagai aktivitas menjadi sangat terganggu. Sistem pendidikan merupakan salah satu bagian yang sangat terganggu oleh penyebaran virus ini. Tingkat pendidikan dari taman kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi dipaksa untuk tetap melakukan kegiatan akademik dengan secara ketat mematuhi protol kesehatan. Penggunaan media sosial merupakan pilihan utama untuk dapat menjamin proses belajar dan mengajar serta aktifitas akademik lainnya dapat berjalan dengan baik dengan terus mematuhi larangan untuk membuat keramaian (protocol kesehatan).

Fasilitas media sosial seperti What App, Facebook, Twitter, dan Blog menjadi tumpuan untuk melakukan berbagai kegiatan akademik oleh semua tingkatan institusi pendidikan. Penggunaan media sosial tersebut tanpa disadari telah berlangsung selama lebih kurang 2 tahun, dan dalam kurun waktu tersebut banyak ditemukan berbagai kendala dan kekurangan. Interaksi yang baik antara pengajar (guru dan dosen) dan peserta didik (siswa dan mahasiswa) tidak berjalan sebagaimana mestinya sehingga kontrol dan pengawasan atas pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran tidak berfungsi dengan baik dan masalah kuota internet merupakan permasalahan yang terbesar yang sering dialami dalam proses pembelajaran menggunakan media sosial ini.

Institusi perguruan tinggi merupakan salah satu institusi yang memiliki tingkat keterbergantungan  yang sangat tinggi terhadap media sosial atau media online lainnya dalam melakukan tugas pokok yang dibebankan diatas pundak dosen yaitu tridharma perguruan tinggi (mengajar, meneliti dan mengabdi pada masyarakat). Musim pandemi covid 19 telah menjadikan tridharma perguruan tinggi menjadi sulit untuk dilaksanakan. Untuk itu diperlukan suatu upaya untuk mengelola semua aktifitas dosen dalam melakukan tridharma perguruan tinggi kedalam suatu wadah baik media sosial maupun media online lainnya, agar dapat dikelola dengan baik dan dapat dibaca atau dipahami oleh orang lain baik mahasiswa maupun stake holder lainnya tanpa terkendala tempat, waktu maupun biaya yang besar.

DESAIN BLOG ATAU WEBSITE

Dalam kegiatan ini wadah Blog atau situs Website pribadi dengan nama www.radoinstitute.com akan dimaksimalkan penggunaannya dengan merancang konten situs tersebut sehingga dapat menampung semua kegiatan yang mendukung tridharma perguruan tinggi, seperti yang terlihat pada gambar 1. Gambar 1 memperlihatkan bahwa blog atau situs pribadi tersebut terdiri dari 5 konten (menu) yaitu Bahan Ajar, Praktikum, Pengabdian Masyarakat, Bedah Riset Artikel dan Tanya Jawab. Lima konten tersebut disajikan dalam bentuk audio visual atau video. Setiap konten akan dirincikan penjelasannya sebagai berikut :

1. Pengajaran

Konten pengajaran dalam situs pribadi tersebut akan dibagi kedalam 3 sub konten diantaranya adalah

a. Bahan Ajar

Bahan ajar merupakan teori perkuliahan mata kuliah yang diajarkan berbentuk audio visual atau video. Bahan ajar berbentuk video memiliki beberpa kelebihan daripada bahan ajar tertulis, bahan ajar berupa video dapat dinikmati oleh siswa secara berulang-ulang dengan suasana seolah-olah interaksi antara dosen dan mahasiswa terjadi secara langsung.

b. Praktikum

Praktikum merupakan tambahan kegiatan perkuliahan yang sangat mendukung pemahaman terhadap teori perkuliahan. Praktikum dikemas dengan bentuk video atau audio visual. Praktikum dengan menggunakan video ini dapat memberikan instuksi yang jelas kepada mahasiswa dibandingkan dengan instruksi tertulis. Praktikum dengan menggunakan video dikelola atau dilakukan langsung oleh dosen.

c. Tanya Jawab

Tanya jawab merupakan kegiatan yang mendukung proses pengajaran dengan melakukan pembahasan soal-soal secara video atau audio visual. Pembahasan sosl-soal ini merupakan suatu rangkaian dengan perkuliahan, yang membahas permasalahan-permasalahan yang timbul pada topik suatu perkuliahan

2. Penelitian

Penelitian akan dilakukan baik penelitian langsung maupun membedah hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti bidang tertentu. Hasil penelitian berupa riset artikel akan dibahas terutama tentang hasil riset, berupa rumus, grafik dan tabel dengan menggunakan audio visual atau video. Penelitian ini akan dikelola dalam suatu konten yang disebut bedah riset artikel. Bedah riset artikel ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa terutama dapat dijadikan masukan dalam pembuatan skripsi.

3. Pengabdian Masyarakat.

Pengabdian masyarakat juga dilakukan dengan menggunakan video atau audio visual. Pengabdian masyarakt dapat dilakukan dengan membantu menyediakan bahan ajar untuk para siswa Sekolah Dasar, Menengah maupun Tingkat Atas. Pengabian masyarakat juga dapat dilakukan dengan membahas isu-isu atau permasalahan diseputar masalah pendidikan yang dapat memberikan pemahaman yang baik bagi masyarakat atas permasalahan tersebut. Pengabdian masyarakat ini akan dikelola dalam konten pengabdian masyarakat.

CONTOH KEGIATAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI DALAM BENTUK VIDIO YANG TELAH DIARSIPKAN DALA SEBUAH BLOG ATAU WEBSITE

Bentuk tampilan situs pribadi yang memuat konten tridharama perguruan tinggi tersebut dapat dilihat dalam gambar –gambar berikut

About Admin

Check Also

Undangan Sosialisasi Peluang Penerimaan Beasiswa dilingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Kepada Yth. 1. Para Dekan Fakultas 2. Para Wakil Dekan Fakultas 3. Para Dosen UIN …